Segarnya Sirup Kawista Khas Rembang

REMBANGBANGKIT.COM – Mau oleh-oleh yang menyegarkan? Di kota Rembang, Jawa Tengah, ada sirup Kawista yang merupakan salah satu kuliner andalan dari kota ini.

Sirup Kawista merupakan minuman yang berbahan utama dari sari buah kawis lalu dicampur dengan gula dan air. Sirup ini rasanya sangat khas, ada campuran manis dan asamnya serta baunya wangi.Buah kawis tergolong cukup langka di Indonesia karena pohonnya hanya bisa tumbuh di daerah kering atau panas, seperti Rembang.  Untuk mendapatkan rasa  sirup kawista yang segar dan enak diperlukan proporsi yang pas dari bahan-bahan yang dicampur.Cara membuatnya sangat sederhana. Pertama-tama daging buah kawis direbus bersama air. Selanjutnya air rebusan disaring dengan menggunakan kain halus agar sari buah dan seratnya terpisah. Sari buah yang dihasilkan lalu diendapkan selama seharian penuh (24 jam) dalam wadah yang tertutup.Setelah mengendap, pisahkan air sari lapisan atas dengan endapannya, dan tambahkan sedikit pengental. Kemudian diamkan kembali air sari tersebut selama 12 jam. Rebus kembali air sari yang telah didiamkan, dan tambahkan gula pasir dengan perbandingan 1 liter air sari kawis dan 700 gram gula pasir. Terakhir setelah air sari kawis mendidih, angkat dan dinginkan sirup sebelum memasukannya ke dalam botol. Sirup pun siap untuk dipasarkan.

Di Rembang ada beberapa produsen sirup kawista, tetapi yang paling terkenal adalah sirup kawista cap ‘Dewa Burung’. Merk ini paling populer karena menurut para pelanggan, rasanya paling enak dan paling khas kawis. Mungkin juga karena Dewa Burung merupakan pionir dari pembuat dan penjual sirup kawista di Rembang.

Usaha sirup kawista Dewa Burung ini sudah berumur 50 tahun lebih dan dijalankan secara turun-temurun oleh sekeluarga keturunan Tionghoa. Etnis Tionghoa memang terkenal dengan etos wirausaha atau bisnis di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Sirup kawista biasanya dikemas dalam wadah botol kaca seperti yang dipakai botol kecap dengan volume 620 ml. Saat ini, ada juga yang diwadahi dalam botol plastik agar lebih praktis dan ringan.

Sebotol sirup kawista harganya sekitar Rp 19 ribu. Untuk ukuran twin pack, harga yang ditawarkan adalah  Rp 38.500, sementara untuk limun botol plastik  Rp 5000  dan untuk botol kaca hanya Rp 3000.  Sirup kawista Dewa Burung bisa didapatkan di pusat penjualannya yaitu di Toko Dewa Burung di Jl. Diponegoro Rembang (Taman Kartini masih ke barat).

Sumber : http://food.ghiboo.com/rasakan-kesegaran-sirup-kawista-dari-rembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *