Produksi Tembakau Meningkat, Petani Rembang Berharap Harga Stabil

Rembang, rembangbangkit.com – Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Cabang Rembang bersama dengan petani tembakau berharap dengan adanya produksi yang semakin bertambah ditahun ini, harga tembakau di Kabupaten Rembang tetap stabil.

Akhmad Sayuti selaku Sekretaris APTI Cabang Rembang kepada wartawan menuturkan, dengan adanya kenaikan produksi rokok pada musim ini, yang semula 340 milyar batang menjadi 360 milyar batang, diharapkan harga tembakau tetap stabil.

tembakau 2
Petani tembakau sedang merawat hasil tembakaunya yang terserang cuaca ekstrem

Pihaknya berharap dengan adanya kenaikan produksi rokok tersebut menjadi keuntungan bagi para petani tembakau dalam meningkatkan produktifitas tembakaunya. Selain itu peran serta pemerintah dan PT Sadana Arifnusa sebagai perusahaan mitra petani tembakau mau sportif dalam penentuan grade tembakau dan harga pembelian tembakau.

Sampai saat ini, lanjut Sayuti, pemerintah sudah cukup berperan walaupun belum sepenuhnya. Kenyataanya dari pemerintah belum ada yang mendampingi petani, selain itu pupuk masih dimonopoli oleh pihak PT Sadana Arifnusa dan DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau) kami kira belum tepat sasaran dalam pengalokasiannya.

“Dengan adanya APTI di Rembang ini, pihaknya berharap antara APTI, Petani, Pemerintah dan PT Sadana Arifnusa dapat lebih aktif dalam meningkatkan komunikasi demi perkembangan petani tembakau”, terangnya saat dihubungi via telepon oleh wartawan rembangbangkit.com, pada Kamis (18-6-2015). Dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan komunikasi dengan PT Sadana Arifnusa untuk membicarakan peningkatan produksi petani tembakau di Kabupaten Rembang.

Dalam kesempatan lain, Moh Naf’an selaku petani tembakau Desa Pamotan mengatakan, saya pribadi dan atas nama petani tembakau Kabupatemn Rembang turut berterimakasih kepada pihak PT Sadana Arifnusa, karena selama ini mau bekerjasama dengan petani tembakau Rembang.

“Kami berharap dalam beberapa waktu kedepan, ada wujud kerjasama antara Petani, APTI dan PT Sadana Arifnusa, sehingga terdapat hasil kesepakatan bersama dalam penentuan grade harga beli tembakau di Kabupaten Rembang”, tutup Naf’an.

Penulis : M Aan Ainun Najib

Editor : M Aan Ainun Najib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *