Pengusaha Kertas China Minati Rembang

fasilitasi_investor_webRembang semakin diminati oleh para investor, belum lama ini Bupati Rembang H. Moch Salim menerima tamu dari Henan China yang ingin berinvestasi mendirikan pabrik kertas di Rembang.

Hal tersebut diungkapkan Bupati dalam kegiatan sosialisasi fasilitasi pelaksanaan penanaman modal tahun 2013 di convention hall hotel gajah mada Rembang yang dihadiri oleh 60 tamu undangan yang terdiri dari pengusaha lokal maupun luar Rembang dan SKPD terkait, rabu (16/10).

“Bahan baku dari pabrik kertas yang akan dibangun adalah limbah berserat seperti limbah kertas tissu, karton, limbah tebu,” tutur Bupati.

Bupati mengatakan kedatangan Presiden China Xi Jinping dalam penyelenggaraan APEC di Bali beberapa waktu lalu membawa efek kepada pengusaha China untuk berinvestasi ke Indonesia.

“Dengan kedatangan Presiden China, mereka (pengusaha china) yakin Indonesia telah aman untuk tujuan investasi,” tutur Bupati.

Oleh karena itu Bupati meminta kepada seluruh stake holder di Rembang agar bersiap diri menyambut kedatangan para investor di Indonesia pada umumnya dan Rembang pada khususnya.

Bupati menambahkan dengan beroperasinya Pelabuhan Tanjung Bonang menjadi nilai lebih bagi para investor karena memiliki beberapa keunggulan diantaranya kapal bisa bongkar muat selama 24 jam tanpa terkendala pasang surut air seperti yang terjadi di pelabuhan lain.

“Selain itu saya juga sudah lobi-lobi ke Kementerian Perhubungan untuk membangun lapangan terbang di Rembang karena salah satu kendala pengusaha enggan ke Rembang adalah masalah transportasi yang memakan waktu kurang lebih tiga jam, belum macetnya kalau ada perbaikan jalan atau jembatan,” kata Bupati.

Bupati menambahkan kawasan perbatasan Jateng-Jatim yaitu Rembang, Blora, Tuban dan Bojonegoro masuk kedalam kawasan ekonomi khusus kemeterian Koordinator Bidang Perekonomian.

Tampil sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Bidang Pelayanan Perijinan Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Jateng Didik Subiyantoro dan dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Kudus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *