Industri Gula Tumbu Sasaran KKN Undip

gula
Sebagian Mahasiswa Undip yang mengikuti KKN di Kecamatan Sulang

REMBANGBANGKIT.COM- Sulang

24 Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang akan memberdayakan industri gula tumbu di Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang. Pemberdayaan gula tumbu oleh mahasiswa UNDIP ini dalam rangka program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Koordinator KKN PTN Undip Semarang, Dr.FX Sugiyanto menjelaskan, bahwa pelaksanaan KKN tematik pemberdayan gula tumbu  sebelumnya telah dilakukan persiapan riset satu tahun dan bulan mulai diimplementasikan.

“KKN berlangsung selama delapan minggu mulai tanggal 4 Oktober sampai 24 November  2013. Untuk Obyek lokasi KKN terfokus di empat desa, yaitu Karangharjo, Kunir, Korowelang, dan Jatimudo di kecamatan Sulang,” ujarnya.

Sugianto mengungkapkan alasan pemilihan gula tumbu sebagai obyek KKN, karena dari beberapa industri yang ada di Rembang, setalah dilakukan riset, prediksi keberhasilannya paling tinggi dan resiko kegagalannya paling kecil dibanding dengan yang lain.

Industri gula tumbu tumbuh cukup lama dan mempunyai kekuatan yang harus diberi energi baru  dengan pemberdayaan.  Dalam tahun pertama ini fokus pada pengembangan pada adminsitrasi keuangan perusahaan dari dalam, baru tahun depan  fokus design produk dan proses yaitu aspek produksi.

Sementara Sekda Rembang  Hamzah Fatoni,SH.Mkn  dalam serah terima mahasisiwa KKN Undip, di lantai IV Kantor Bupati Rembang Jumat (4/10), mengharapkan anak-anak muda bisa merubah pola pikir ke arah yang lebih baik lagi khsusnya dalam memperdayakan potensi yang ada di masyarakat dengan memberikan motivasi dan inovasi.

“Semoga kehadiran adek-adek mahasiswa UNDIP ini dapat memberikan perubahan  pada industri gula tumbu menjadi lebih baik.  Apalagi mahasiswa yang mengikuti KKN berasal dari berbagai disiplin ilmu tentunya dapat memeberikan wawasan baru bagi pengrajin gula tumbu,” kata Sekda yang juga alumni S2 Kenotariatan UNDIP ini.

Sekda menambahkan dari pemikiran Mahasiswa KKN UNDIP ini juga diharapka bisa menjadikan produk unggulan daerah lebih bagus maupun pemasarannya. Misalnya bagaimana menekan biaya produksi tinggi dengan pencapaian tetap maksimal.

zp8497586rq